Cara Membuat Website Tanpa Coding

cara membuat website

Cara membuat website pastinya selalu bikin kamu penasaran karena banyak yang bilang kalau prosesnya sulit. Ternyata, proses membuat website bisa sangat mudah buat kamu atau pemula sekalipun karena tidak pakai coding sama sekali. Penasaran? Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Website dalam Lima Langkah

Bagi pemula, proses pembuatan website pasti dianggap mengerikan karena berkaitan dengan teknis. Padahal, kamu tidak memerlukan kemampuan teknis sekalipun untuk melakukannya, bahkan hanya butuh lima langkah sederhana saja, yakni sebagai berikut.

  1. Menentukan Jenis Website
  2. Tentukan Platform Website
  3. Pilih Hosting dan Nama Domain
  4. Mengunduh WordPress

Terlihat lebih praktis dan mudah, bukan? Lebih lanjutnya, kamu bisa memahami penjelasannya satu per satu, ya. Tujuannya agar proses pembuatan website bisa membuahkan hasil terbaik dan memuaskan sesuai dengan keinginan.

1. Menentukan Jenis Website

Apa tujuan kamu membuat website? Dengan menentukan atau memikirkan jenis website yang ingin dibangun, kamu akan memiliki gambaran mengenai konsepnya secara jelas. Ini sangat penting sebagai langkah awal karena nantinya kamu harus memilih paket domain, web hosting, dan tema yang akan digunakan.

Jadi, jangan sampai kamu belum memikirkan apa-apa saat ingin membuat website. Jenis website yang bisa dipilih sebetulnya tergolong banyak dan beragam sesuai dengan kebutuhan, tetapi lebih didominasi oleh beberapa pilihan berikut.

  • Website toko online memang sedang mendominasi dan memiliki kegunaan untuk menjual produk, barang, dan jasa. Kamu tidak boleh lagi memandangnya sebelah mata karena perkembangannya sangatlah pesat.
  • Blog atau website pribadi dapat kamu jadikan pilihan jika tujuannya memang untuk membuat konten atau membagikan informasi tertentu. Keistimewaan dari blog adalah memiliki komentar pribadi untuk membangun engagement.
  • Website portofolio bisa kamu gunakan untuk membangun identitas secara online, hingga profesional. Dengan memajang karya di website, seluruh orang dari berbagai daerah dapat melihat dan mengetahui keahlian kamu.
  • Situs berita memang bertujuan untuk menampilkan berita terbaru atau informasi yang penting untuk diketahui masyarakat. Jangan lupa untuk menampilkan informasi yang aktual dan kredibel.
  • Website forum menjadi wadahnya anak-anak muda, hingga orang dewasa yang ingin sharing informasi. Ada komunitas kuliner, teknologi, dan otomotif dari berbagai wilayah yang dipertemukan untuk berbagi pengalaman.

Nah, mana kira-kira yang sesuai dengan bakat atau keseharian kamu? Segera tentukan pilihan karena tahapan dari cara membuat website akan berlanjut menuju langkah kedua.

2. Menentukan Platform Website

Seperti yang disebutkan pada judul, kamu tidak memerlukan kode HTML, CSS, apalagi PHP untuk membuat website. Membayangkannya saja sudah sangat rumit, bukan? Prosesnya juga akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Nah, solusi yang dapat kamu andalkan adalah menggunakan WordPress. Kamu hanya perlu satu kali klik instalasi, memasukkan nama, dan memilih template. Dengan begitu, website kamu yang sudah jadi bisa langsung diakses dengan mudah melalui internet.

Link situs : https://wordpress.com/id/

Kabar baiknya lagi, WordPress memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin melakukan cara membuat website secara gratis. Meskipun gratis, website yang dihasilkan oleh situs tersebut bukan yang tidak berkualitas.

3. Memilih Hosting dan Nama Domain

Sekarang ibaratkan hosting adalah sebuah rumah yang terdapat di suatu tempat. Rumah akan kurang indah jika tidak memiliki tampilan, sehingga file website dapat kamu anggap sebagai pintu, jendela, dan furniture di dalam rumah. Nah, domain yang akan menjadi alamatnya.

Kalau kamu sudah menggunakan WordPress, perlu juga untuk memilih hosting supaya semua file website dapat disimpan secara online. Ada jenis shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Soal nama domain, jangan lupa untuk membuatnya semakin menarik. Misalnya saja, saat orang lain ingin mengunjungi website Informasi SEO, maka mereka hanya perlu mengetikkan www.informasiseo.com. Domain tidak selalu berakhiran .com, bisa juga .CO.ID atau .SITE.

4. Install WordPress

Kalau sudah menginstal WordPress, kamu bisa langsung mendaftar dan memilih hosting, serta nama domain yang telah ditentukan. Setelah itu, lakukan optimasi website karena WordPress masih dalam keadaan default. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pilih tema dapat kamu gunakan jika tidak menyukai tema default versi WordPress. Pastikan untuk memilih SEO friendly dan tema original, sehingga kamu tidak menggunakan tema bajakan yang bisa membahayakan website.

Cara menggantinya adalah dengan membuka dashboard WordPress, kemudian pilih opsi menu Appearance, Themes, dan Add New. Instal langsung melalui pilihan yang sudah ditentukan.

Kamu bisa membuat Sitemap atau sebuah daftar dari halaman website yang bisa digunakan untuk mengaksesnya dari user ataupun search engine. Manfaatkan Yoast SEO dan Sitemap XML untuk mendukung proses pembuatannya.

Karena WordPress akan menghasilkan permalink yang jadul atau panjang, kamu bisa mengubahnya. Buatlah permalink yang disukai Google karena mengandung judul atau keyword, serta gunakan Post Name. Pilih menu setting dan permalink untuk menggunakan radio button Post Name.

Kalau soal website dan blog, kamu tidak bisa lepas dari yang namanya SEO. Search Engine Optimization adalah tools khusus yang dapat membuat website kamu mudah ditemukan orang dan masuk pada hasil pencarian Google. Kamu bisa menggunakan Plugin SEO berupa SEO Internal Link dan Yoast SEO.

Kesimpulan

Pastinya, kamu akan merasa bahagia ketika bisa membuat website dengan domain sendiri menggunakan WordPress. Cara membuat website ternyata memang tidak sesulit yang kamu bayangkan, apalagi pengembangan yang perlu dilakukan adalah mengisinya dengan konten-konten terbaik.

Recent Posts

cara membuat website
Tips
Vallen

Cara Membuat Website Tanpa Coding

Cara membuat website pastinya selalu bikin kamu penasaran karena banyak yang bilang kalau prosesnya sulit. Ternyata, proses membuat website bisa sangat mudah buat kamu atau

Read More »